Stormgate Menjanjikan Permainan RTS Terbaik Dengan Fokus Pada Kasual dan Esports

By | 30/01/2024

 

Ada permainan baru yang mencoba merebut mahkota raja esports RTS dari Starcraft 2. Namanya Stormgate, sebuah permainan genre Real Time Strategi yang dapat dimainkan secara gratis.

Ini adalah “penerus spiritual dari permainan RTS Warcraft dan StarCraft yang kita cintai dan banyak dari kita juga bekerja untuk pengembangannya,” kata Tim Morten, CEO dan Direktur dari Frost Giant Studios, kepada Esports Insider.

“Kami merasa bahwa saatnya untuk permainan baru dibuat dalam tradisi RTS sebenarnya, jadi kami melestarikan gameplay yang sudah terbukti dari permainan klasik sembari berinovasi dan memajukan genre RTS ke tempat yang sesungguhnya.”

Dari sudut pandang naratif, Stormgate berlatar di alam semesta fantasi ilmiah asli di mana umat manusia selamat dari ambang kepunahan oleh penjajah alien ras Demon yang dikenal sebagai Infernal Host. Permainan ini juga akan menampilkan setidaknya tiga faksi asimetris unik, ciri khas permainan RTS ala Blizzard, dan gameplay akan berpusat pada empat cara utama bermain yang disebut pengembang sebagai “empat C” – Competitive, Co-operative, Campaign, dan Custom Games.

Setelah periode pengujian alpha yang substansial, permainan ini sekarang masih kondisi close beta dan baru saja mengadakan acara esports pertamanya yang disebut Stormgate Showdown di Dreamhack Atlanta. Di sana, para profesional RTS kelas dunia seperti TLO, MaNa, dan Moon saling berhadapan di hadapan penonton langsung dan, meskipun masih dalam tahap awal pengembangan, tidak ada hambatan atau masalah, masih permainan yang seru dan menyenangkan seperti RTS sebelumnya.

“Kami terkesan dengan tanggapan positif yang kami terima dari komunitas RTS. Ini adalah bukti dari kerja keras tim dan masukan berkelanjutan dari komunitas bahwa permainan berjalan lancar dan kami dapat melihat pertunjukan keahlian pemain dalam versi awal Stormgate ini.”

Permainan RTS yang bagus seperti anggur yang matang – itulah mengapa permainan seperti StarCraft: Brood War, Warcraft III, dan StarCraft II masih dimainkan dan dicintai meskipun sudah puluhan tahun setelah rilis awal mereka. Pemain telah menikmati permainan tersebut selama beberapa dekade dan akan terus melakukannya.

“Pada saat yang sama,” tambah Morten, “kami percaya bahwa banyak penggemar RTS haus akan permainan baru dalam tradisi itu. Kami berusaha membuat permainan tersebut, RTS ala Blizzard yang menampilkan cerita baru, misi kampanye baru, faksi baru, karakter baru, dan cara bermain baru.”

Sementara itu, sebuah ranah esports sangat mungkin di Frost Giant Studios – tetapi dengan pendekatan inovatif yang semakin populer di kalangan pengembang.

“Kami ingin memulai dengan pendekatan berbasis komunitas untuk esports Stormgate. Sejak awal pre-alpha tertutup Stormgate, anggota komunitas telah bersatu untuk mengatur turnamen karena cinta akan kompetisi, dan kami melihat diri kami dalam peran mendukung komunitas dalam upaya mereka. Kami tidak ingin menentukan seperti apa esport kami kelak. Sebaliknya, kami ingin fokus pada membuat permainan hebat dan mendukung upaya grassroots yang akan membuka kompetisi Stormgate untuk pemain dari semua tingkatan keterampilan.”

Ini karena, menurut CEO Frost Giant Studios, RTS dianggap sebagai genre ‘hardcore PC gamer’ oleh banyak orang dengan reputasi yang menakutkan yaitu permainan yang sulit untuk dikuasai, diperkuat oleh popularitas kompetisi esports RTS mempertunjukkan kemampuan para pemain diatas manusia biasa. Rencana untuk Stormgate adalah membuatnya lebih ramah dan mudah diakses dengan berbagai mode kooperatif dan inovasi antarmuka yang akan membuat permainan lebih mudah dan tidak melelahkan untuk dimainkan oleh pemain rata-rata atau yang baru — “tanpa mengorbankan batas kemampuan tak terbatas di level kompetisi tertinggi,” katanya.

Hingga saat ini pengembang tetap merahasiakan model bisnis yang akan mereka terapkan. Pendekatan berbasis komunitas, bagaimanapun, menunjukkan pendekatan yang lebih santai seperti milik Valve daripada pendekatan ketat seperti milik Riot Games. Belum ada pembicaraan tentang pembagian pendapatan untuk menarik pemain, tim, atau penyelenggara turnamen, topik penting untuk kesehatan dan umur panjang esport di periode di mana hampir semua sektor sedang berjuang.

Tetapi, sudah ada proses: menjalin kemitraan dengan kelompok penyelenggara turnamen ESL FACEIT Group yang sedang disiapkan sejak September tahun lalu untuk saatnya, dan hasil dari Dreamhack Atlanta sangat menjanjikan. “Kami sangat berterima kasih kepada ESL karena telah bermitra dengan kami,” kata Morten, “kami belajar banyak dari produksi dan memiliki pelajaran penting tentang cara meningkatkan tontonan permainan kami dari sudut pandang penonton esports, yang akan memberikan keuntungan besar saat kami terus mendukung kompetisi Stormgate pada acara mendatang. Kami sudah berencana untuk mengadakan turnamen Beta Champions menjelang peluncuran Early Access pada musim panas 2024, yang seharusnya sangat menarik. Para profesional RTS atau calon profesional yang ingin berkompetisi harus menghubungi kami!”

Namun, Calon Profesional Stormgate tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hadiah pertama mereka. Mulai 10-17 Februari, Stormgate EgC Open pertama akan diselenggarakan secara online dengan total hadiah $10,000. Ini akan berlangsung selama beta terbuka pertama permainan untuk Steam Next Fest yang akan diadakan dari 5-12 Februari. Untuk berpartisipasi dalam turnamen, yang terbuka untuk umum, pemain perlu lolos dari akhir pekan pertama kompetisi — setelah itu mereka akan mendapatkan akses beta untuk sisa fase uji beta sehingga mereka dapat berkompetisi pada akhir pekan kedua.

Stormgate Dirancang Untuk Lebih Mudah Dipahami Untuk Pemain Dengan Skill Rata-Rata

Salah satu faktor yang paling menarik dari Stormgate, baik bagi pemain kasual maupun profesional, adalah kenyataan bahwa para pengembang tidak ingin kembali menciptakan permainan dengan reputasi yang memiliki kesulitan tinggi . Filosofi desain permainan ini adalah memberikan pemain lebih banyak dari apa yang mereka cintai, sambil memanfaatkan peluang untuk membuat gaya permainan ini lebih sosial dan mudah diakses. “Kami membangun Stormgate dengan mode 3 pemain co-op vs. AI sebagai mode utama, misalnya. Kami mengetahui bahwa co-op adalah salah satu cara paling populer untuk bermain RTS setelah kesuksesan komandan co-op StarCraft II, jadi kami berencana untuk mengembangkan mode tersebut dan membantu mencapai prestasi yang lebih besar dalam Stormgate.”

Fakta bahwa permainan ini sudah bersifat kompetitif pada tahap awal adalah prestasi yang cukup dan memberikan petunjuk bahwa para pengembang tahu apa yang mereka lakukan dengan proyek ini. Keseimbangan faksi dalam permainan RTS adalah target yang bergerak dan pencapaian kesetaraan relatif bisa menjadi hasil dari bulanan atau bahkan bertahun-tahun pengujian.

Dengan tipe layanan langsung yang dapat dimainkan secara gratis yang, setelah periode akses awal, secara berkala akan merilis konten baru untuk semua mode permainan, termasuk “salah satu editor RTS paling canggih” (permainan kustom adalah bagian besar dari alasan mengapa permainan RTS klasik Blizzard tetap relevan dan menarik selama bertahun-tahun), Stormgate berjanji menjadi esport yang patut diperhatikan karena berusaha menyuntikkan kehidupan baru ke dalam genre yang selama bertahun-tahun dianggap sulit diakses karena dianggap rumit dan sulit untuk dikuasai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *